perbedaan-kva-dengan-kw-dan-cara-menghitungnya

Apa Itu kVA? Ini Perbedaannya dengan kW dan Cara Menghitungnya?

Ketika Anda mencari tempat Jual genset Jakarta, maka mungkin Anda akan sering menemukan istilah kVA. Lalu, tahukah Anda apa itu kVA? Seperti apa cara menghitungnya dan bagaimana perbedaanya dengan kW? Temukan jawabannya melalui ulasan di bawah ini!

Apa itu kVA?

kVA akronim dari kilo Volt Ampere yang berarti satuan daya untuk menunjukan besar daya listrik semu. Satuan daya semu adalah satuan angka yang tidak bisa Anda jadikan patokan, karena dari total nilai tersebut sebagian nilai yang akan terbuang.

Apa bedanya kVA dan kW?

Pada saat Anda mencari genset, selain mengetahui apa itu kVA, maka Anda juga mungkin akan mengenal istilah kW. Baik kVA maupun kW, keduanya merupakan satuan yang berguna untuk menunjukan daya listrik. Meski demikian, kedua satuan ini memiliki perbedaan yang cukup besar.

Jika kilo Volt Ampere merupakan daya semu, maka kW merupakan satuan untuk daya aktif. Satuan ini merupakan nilai yang digunakan PLN untuk menentukan tarif penggunaan listrik untuk rumah tangga maupun industri. kW sendiri merupakan kependekan dari Kilo Watt.

Jika dilihat dari segi perhitungan, maka nilai kW merupakan nilai kVA yang dikurangi dengan nilai reaktif. Nilai tersebut merupakan angka real power yang bisa disebut dengan menggunakan satuan kW.

Tidak seperti nilai kilo Volt Ampere yang nantinya akan memiliki daya yang terbuang, maka pada kW tidak ada power yang terbuang. Artinya, jika angka yang tertulis adalah 1kW, maka perangkat tersebut bisa menghasilkan daya sebesar 1 kW juga.

Bagaimana Cara Menghitung Nilai kVA?

Setelah memahami tentang apa itu kVA, maka mungkin Anda juga perlu memahami bagaimana cara menghitung satuan daya ini. Secara sederhana, maka untuk menghitung satuan ini Anda bisa menambahkan antara daya aktif dan reaktif yang ada.

Jika dilihat dari satuan yang ada, maka Anda juga bisa menghitung nilai kilo Volt Ampere ini dengan mengalikan tegangan dan arus yang dihasilkan alat tersebut. Sebenarnya, ini merupakan cara yang sama untuk menghitung daya aktif atau watt. Pertanyaannya apakah 1kVA sama dengan 1 kW? Maka jawabannya tidak.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika nilai 1 kilo Volt Ampere akan menghasilkan daya yang terbuang. Nilai dari daya yang terbuang ini sendiri biasanya berkisar sekitar 20 persen dari total daya semu.

Berdasarkan perhitungan ini, maka Anda bisa menggunakan perhitungan jika 1 kilo Volt Ampere sama dengan 0,8 kilo Watt.

Apa Manfaat Mengetahui kVA untuk Pemilihan Genset?

Jika Anda sudah mengerti tentang apa itu kVA, mungkin Anda bertanya apa hubungannya dengan cara memilih genset? Jika sudah memahami nilai satuan ini, lalu Anda hubungkan dengan kebutuhan daya listrik Anda, hal ini akan membuat Anda bisa memilih genset dengan daya yang sesuai.

About admin